JURNAL KONTES DBM MEDAN 2012 : “SERUNYA MODIFIKASI DI KOTA MEDAN”

Posted: November 23, 2012 in info
Tag:, , , , ,

Dari sejak hari senin sudah disibukkan dengan merampungkan beberapa halaman tabloid Otomodify sekaligus Ototrend. Namun lumayan lega pasalnya dari kode boking pesawat dari Surabaya ke Medan sudah diboking oleh panitia dari Djarum Black. Sudah 2 tahun DBM tidak ada di kota ini, tentu dengan regulasi baru dan aturan kontesnya jauh beda dari tahun sebelumnya, hmmm…sempat terpikir pasti banyak yang salah masuk di kelas peserta, tapi okelah masih ada tehnical metting yang pastinya bisa makin kenal dan dekat dengan peserta kontes.

HARI PERTAMA: “VIXION ALA SPORTBIKE LUAR NEGRI”

Berangkat dengan pesawat Lion muilai hari jumat pagi tgl 12 Oktober 2012 dengan seorang rekan Juri dari kota Malang yang berjanji bertemu di bandara Juanda Surabaya. Pesawat pagi tentu penerbangan padat anyway sukses landing n transit dulu di Jakarta jam 10 pagi dan melanjutkan ke Medan dengan pesawat yang sama dan tiba tepat jam 12.00 siang. Di tempat sudah menunggu satu juri lagi dari kota Semarang yaitu bro Wahyu, perjalanan dilanjutkan dengan travel hotel yang sudah lama menunggu so bertiga meluncur ke hotel  Garuda Plaza Hotel di Jl. Sisingamangaraja no 18 Medan. Hotelnya lumayan nyaman dan yang penting bisa mandi air hangat…he..he..he.. 

Jurnal berikutnya agar hari itu tidak kesorean, bertiga bareng MC Bie dan beberapa panitia dari Komunika langsung meluncur ke arena buat survey saat loading motor. Cus masih siang banget peserta masih belum nampak banyak, acara yang digelar di Griya Dome Medan ini masih nampak melompong, tapi aku panitia  pastinya malam nanti makin banyak peserta yang datang. So hari ini jurnal kegiatan hanya foto beberapa motor yang datang duluan. Hmm…awalnya sudah disodori dengan sport Vixion yang diubah fighter gaya GC Cycle Amrik dan beberapa motor tracker. Agak sore dikit datang motor warna racing dan ceper yang makin banyak saja. So sudah sore banget crew balik hotel buat prepare keesokan harinya. 

HARI KEDUA: “MODIFNYA SETARA JAWA”

Tepat jam 10 pagi setelah breakfast di hotel kita meluncur lagi ke arena kontes. Dan benar saja peserta sudah penuh sesak dengan motor-motor beraneka warna dan keren-keren punya. Peserta juga banyak yang datang dari Riau, Aceh, Palembang dan Pekanbaru yang perjalanan darat sampai seharian berangkat. Nampak mencolok motor Yamaha Vixion berkelir hitam dengan motif api yang berkonsep sportbike manca dengan tampilan hitam dof dan velg belakang milik mobil berlengan ayun tunggal hasil bikinan dewe, cantik sekali! Ada juga bebek yang diubah tiga roda dengan sentuhan body ala chopper dari film ghost rider. Bahkan ada yang bikin chooper berbasis mesin Jupiter MX yang sudah injeksi.  Hmmm. ..komunitas extreme masih terbilang melimpah di kota ini ketimbang kota lain di jawa timur.

Modifnya boleh dibilang meniru jawa terutama di kelas extreme, trans bodi, racing look, matic funky, sampai yang pemula. meski masih boleh dibilang kelas pemulanya banyak yang belum ngeh dengan trend modifikasi, anyway kelas ini paling banyak diikuti. Soal pengerjaan memang jujur masih jauh dari kreasi anak modif pulau Jawa, terutama disisi finishing dan penataan asesorisnya. Sempat geli bertanya ke salah satu peserta apa gak ada bengkel yang bisa ngerjain motor yang bisa bagus dan detail? Rata-rata dijawab dengan gelengan kepala. Yup! jadi masih langka modifikator yang sudah bertalenta tinggi. Anyway menurut saya ada yang bisa terbilang bagus dan bisa berkembang seperti yang saya baca di spek modifikasi pada motor yang dipajang ini menurutku ada nama Ninetynine dan M-37 Custom. Keduanya membangun motor dengan ketelitian dan pemasangan yang tidak asal. Saat saya tes motor berjalan baik tidak tersendat pada pengereman triple Buellnya dan ringan kala didorong. Pemasangan asesoris rapi dengan finishing yang juga bisa diacungi jempol.

Buat skala produk motor, mesin Honda dan Yamaha boleh dibilang tetap merajai menjadi pilihan modifikasi anak Medan. Prosentasinya Yamaha lebih besar 60% dari Honda dan selebihnya diisi dengan merk lain. Tapi boleh dikata mesin Honda makin dicari anak modif karena even modifikasinya tetap ada dan konsisten tiap tahunnya.

SESI PENJURIAN: “4 JEMPOL BUAT MODIF LOVER MEDAN”

Ac ara berikuntya tehnical metting sangat menyenangkan, semua peserta hadir dan antusias mengikuti penjelasan kami dari tim juri. Tidak seperti kota lain yang doyan meremehkan sesi ini, modif lover kota Medan benar-benar menyimak dengan baik, bahkan nggak segan untuk bertanya. Sip banget, 4 jempol (pake jempol kaki juga boleh, heheheh) hidup Medan!!!!

Setelah sesi tehnical meting, kita memutuskan buat menjuri hari itu juga, maklum dengan jumlah 144 motor di 20 kelas dengan kualitas modif yang setara pulau jawa, mesti extra teliti dan hati-hati. So pengecekan extra untuk kelas pemula, racing look, funky, trans modif, asesoris, mesti dilakukan dengan catatan lengkap. Terutama sistem rem, pemasangan asesoris, kelayakan modifikasi, konsep dan desain, dan banyak detail lain yang mesti berfungsi baik. Nggak jarang masih banyak juga yang asal pasang, atau sebaliknya bagus pemasangan namun jauh dari sisi estetika dan desain konstruksi tehnis. Anyway, penjurian dilakoni seharian mulai jam 13.00 siang sampai jam 20.00 malam dan itu masih belum fix karena masih banyak catatan panitia motor2 yang terlambat yang mesti turun poin dan peringkatnya. Buat refreshing untung banget panitia nyediain LCD lengkap dgn game Moto GP…huhuuuy jadi seru nih tanding dengan beberapa peserta..hehehhehe…

HARI KETIGA

Hari tersibuk dan terpadat, dari pagi sudah siap diisi dengan tes jalan motor-motor kelas berat alias motor extreme, chooper, concept sampai ceper. Seru banget di kelas ceper, setelah dihitung ketinggian lantas diuji kelayakan jalan. Jadi jelas yang terbaik bukan karena tingkat kerendahan semata tapi juga skill pengendara memacu motor celubnya melintasi cone yang disediakan.

Anyway, hingga sore penjurian rampung dengan hasil fix dengan memilih sesuai dengan aturan kontes dan administrasinya. Kesan buat Medan 4 jempol tambah 2 jempol lagi dengan semua antusias dan kreasinya yang atraktif. Heboh, dan menyegarkan mata. Hahahaha…salam custom!

n yang makin nyegerin pemandangan macam ginian nih…heheheheh:

By neo Oto2Custom

08155002285

catatan penjurian:

dari 2000-2012: 221 x

About these ads
Komentar
  1. dwi mengatakan:

    wowowow tulisan menarik, gitu toh kerjaan juri

  2. ray mengatakan:

    Kapan n dimana ada kontes lg bro thn 2013 ni? Apakah buka stand buat jualan Buell disk ga?

  3. oto2 mengatakan:

    @ray: tahun 2013 pasti di even HOCS jual Buell di stand

  4. Mawan Al Ranma mengatakan:

    kpan kontes lg di kota kisaran.si tahun 2013

  5. oto2 mengatakan:

    @mawan: heheh DBm tahun ini dah rehat dulu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s