Trik membuat velg kaca

Posted: Maret 15, 2009 in tips trik
Tag:

utama-glass-wheel1TRIK MEMBUAT VELG KACA

Glass wheel atau velg kaca. Asalnya dari builder custom sportbike luar yang lebih dikenal dengan nama Lexan wheel atau velg transparan. Pernah dibikin oleh Dean Kawczak dari LBF pada Suzuki GSX-R1000, juga satu lagi di velg roda Hayabusa milik rumah fashion LRG (OM edisi 21/ Maret 2009) bikinan Nick Anglada dari CSC pada motor.
Velg kaca ini memang unik, karena bentuknya transparan tanpa jeruji atau balok palang pada umumnya. Sekilas ngingetin velg hubless wheel (velg tanpa jeruji/penghubung sama sekali). Bedanya velg kaca ini bahan akliriklah sebagai pengganti jeruji, karena bentuk aklirik yang transparan inilah sehingga tampak bening/transparan makanya disebut velg kaca. Tentu saja kegunaannya lebih kuat dan aman ketimbang velg hubless, karena penghubungnya masih ada (bukan digerakkan oleh gesekan bearing dalam velg hubless). Jadi saat dipakai seolah-olah roda motor tampak melayang.
Eh, bengkel anak negri dari Surabaya udah bisa menirunya. Work shop WRM Modified di Demak Selatan IV-50 ini yang membuatnya pada velg roda motor bebek Honda Supra.

Cara merakitnya:
– Sediakan lebih dulu velg jenis spoke (jeruji) tanpa jerujinya terpasang. Tonjolan rumah jeruji pada velg bagian tengah ini sebagai pemegang/ dudukan bahan aklirik nantinya. Lantas sekeliling diameter dalam velg bikinkan ring dari plat besi setebal 5 mm, mengikuti diameter velg. Ring ini nantinya dijadikan dudukan sekaligus pemegang kaca aklirik dan juga sebagai dudukan baut pengikat ring dari sisi luar.

bibir-velg-aklirik1– Lanjutkan dengan berbelanja aklirik dengan dua jenis; ukuran (40 cm x 80 cm) dengan ketebalan 1 cm dan (40 cm x 80 cm) dengan ketebalan 5 mm. Kemudian masing-masing aklirik potong sama ukurannya menjadi dua bagian dengan ukuran (40 cm x 40 cm) dan gabungkan. Sehingga nantinya ketebalan aklirik menjadi 15 mm dengan ukuran (40 cm x 40 cm).

-Selanjutnya bubut melingkar sesuai dengan besar diameter dalam ring penopang yang dilas melingkar pada diameter dalam velg tadi. Jangan lupa dibagian tengahnya berikan tanda dan selanjutnya bor 1 cm untuk tempat tromol. Dan nantinya tinggal menyerasikan dengan diameter bushing tromol yang dipakai.bor-bagian-tengah– Untuk tromol agak ribet, sebab mesti dibelah menjadi dua sisi dan memangkas sekeliling lapisan luarnya. Salah satu bagian tromol jadikan sebagai bushing penopang aklirik, satunya lagi jadikan rumah pasangan bushing. Masing-masing tromol tambahkan 5 lubang sekelilingnya pada posisi yang sama sebagai dudukan baut-mur. Untuk pemasangan cakramnya, ikuti saja seperti desain dudukan cakram pada tromol sebelumnya.tromol-aklirik-Untuk ring pengunci aklirik, usahakan diameter luarnya presisi dengan diameter dalam velg. Sehingga, ketika baut dipasang baut-baut sekeliling ring pengunci aklirik tak mengalami hentakan yang menyebabkan retak dan pecah. Dan tetap presisi, meskipun lewat jalanan bumpy. Untuk cara merakitnya seperti gambar ini:pasang-tromolpasang-sisi-kiri-1ranmgkaian-sisi-kiripasang-sisi-kiriKeterangan:
Harga aklirik untuk 1 pasang roda : Rp. 350 ribu.
Bahan dapat dicari di toko Merdeka, Jl. Embong Malang, Surabaya (Depan UFO).

Sumber: Ototrend

Komentar
  1. nunoe mengatakan:

    kreatip euy….

  2. putra mengatakan:

    apa kelebihan dan kekurangan dari velg kaca ini ?
    aklirik itu bahan yang terbuat dari apa ?

  3. CnO_Dimension mengatakan:

    buset..oke jg niih ide,,tp sob,,klo nerjak jalan blobang ancur nda tuh akrilik??,

  4. oto2 mengatakan:

    @putra & Cno
    aklirik adalah bahan fiber sintetis dibikin dari polymer (methyl methacrylate)dengan ukuran lmolekul tertentu. yang bisa dibilang acriylic di negri US, adalah polymer yang mesti berkadar 85% acrylonitrille monomer. aklirik banyak dipakai diberbagai produk, seperti pintu kamar mandi, pintu kaca, langit-langit rumah, kaca pesawat, bahkan sebagai pengganti kaca anti peluru mobil presiden dan pendeta paus, dll. lebih kuat dari gelas kaca, lebih kokoh menerima beban, tahan tekanan peluru, kelebihan lainnya lebih ringan ketimbang kaca klik:http://www.wisegeek.com/what-is-acrylic.htm. atau http://en.wikipedia.org/wiki/Acrylic_glass.
    buat nerjang jalan berlobang???hmmm..tergantung konstruksi dan pemasangan juga sih? jika banyak celah dan kurang presisi dan dihentakkan dengan kecepatan 100km/jam pastilah jadi masalah bro! anyway, tentu saja yang beredar di tanah air pastilah jenis aklirik dengan ketebalan dan kualitas beda dari negri pembuatnya. tapi kalau dipakai normal, aklirik sangat kuat.

  5. moenief mengatakan:

    KALO SEPUTARAN WONOSOBO BHNNYA DPT DIBEKLI DIMANA??gatal jg pngin cba…………..

  6. moenief mengatakan:

    KALO SEPUTARAN WONOSOBO BHNNYA DPT DIBE
    LI DIMANA??gatal jg pngin cba…………..

  7. moenief mengatakan:

    gk da tanggapan ya…bro………

  8. bram mengatakan:

    bagus bro>> bwt tigy bisa ga?

  9. oto2 mengatakan:

    @bram
    bisa saja, samperin yang bikin or kontak telpnya..

  10. Anonim mengatakan:

    BOS MINTA IJIN ARTIKELNYA MO W SEBARIN BUAT TEMEN2 OK!
    THAX

  11. Anonim mengatakan:

    nek gatel kukuri by WONOSOBO juga

  12. adam mengatakan:

    bro, Kalo mu mesen gimana caranya neh??

  13. Anonim mengatakan:

    minta alamat workshop wrm,bisa kirim email ke torang_rcb@yahoo.com,thanks

  14. bams mengatakan:

    mahal gak??????

  15. cryptolover mengatakan:

    bagus juga sih…
    tapi ngeri juga makenya…

  16. abdul H_die mengatakan:

    oke jga….
    tp aku pengen tau cara pembuatan velg obital…
    yang bolong Ntu tuh……🙂

  17. didot mengatakan:

    ajib nih bos…pngen sih…tapi klo gw coba bisa ancur dah, sring kena jebakan maut dijalan😛

  18. bellan mengatakan:

    om,di mana beli tromol vixion tuh??

    d jambi blu ada?????

  19. caplin mengatakan:

    klo full,tinggal tau jadi..,brapa??

  20. Dio mengatakan:

    om, ring yg buat tmpat dudukan akrilik tu kira2 bli dmn??
    apa di tukang las??

  21. oto2 mengatakan:

    @caplin
    wah langsung kontak buildernya bro di 0315327672

    @Dio
    dibuat sendiri bro dio

  22. santri'VRC mengatakan:

    bro bs mta bkinin gak tuk vixion..
    hehehe

  23. kitng mengatakan:

    gan sya mau pesan bahan mikanya 1 psang… sya bgung mau hbngin kmn?????? trims….

  24. aviq mengatakan:

    tai ah wingi aku nggawe pelek akrilik,let telong dino di ceke mbeak..anjing

  25. Keren banget, boleh d coba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s