CARA PASANG CAKRAM BUELL

Posted: September 20, 2012 in info, tips trik
Tag:, ,


Sudah nggak terhitung Oto2 mengirim piringan lebar Buell ini ke beberapa kota. Selain banyak dikirim lewat jasa pengiriman atau yang beli langsung saat dipajang di pameran even Honda Otocontes, banyak pertanyaan yang rata-rata diajukan seputar tehnik pemasangannya ke pelek harian. “Apa bisa dipakai ke pelek aluminium atau apakah bisa dipasang di semua jenis pelek?” pertanyaan ini paling sering ditanyakan. Oke, Oto2 coba kasi info dikit mengenai pemasangannya.

JENIS PELEK PALANG/RACING

Pada dasarnya piringan lebar Buell ini tidak lagi dijual bersamaan dengan peleknya (karena peleknya sudah tidak diproduksi lagi), so pemasangannya tentu dituntut untuk dicustom atau hand made namun tentu bisa dipasang kesemua jenis pelek yang beredar di pasaran. Yang paling utama adalah dengan penambahan braket dudukan ke 5 lubang bautnya ke bibir pelek atau palang pelek yang akan dipasang. Untuk tipe pelek palang/racing pastikan memilih jumlah palang yang sama dengan jumlah lubang baut pada piringan, contohnya merk pelek variasi Sprint, AVE Jepang, dan banyak pelek variasi lainnya yang berjumlah palang 5/6 (sesuaikan dengan model dan jumlah mur piringan).  Untuk pembuatan dudukannya, bisa dimodel bushing mur yang nembus ke batang palang pelek tadi. Pastikan lebih dulu seting antara celah ruang kaliper dan ukuran braket piringan ini. Pastikan semua dudukan sama ukurannya, agar nantinya tidak membuat putaran piringan oleng saat dipasang. Makin kuat satukan dudukan ini ke kebatang pelek dengan jalan dilas diral. Cara ini bisa dilakukan dikedua sisi pelek alias dipasang dobel piringan ganda.

JENIS PELEK ALUMINIUM

Nah buat pemakai pelek aluminium tidak jauh beda dengan trik di pelek palang, yaitu dengan cara membikin dudukan/braket dengan bahan besi diral yang dibentuk seperti penampang kotak yang dibaut ke lubang baut piringan. Pilih juga pelek dengan bibir lingkar yang lebih lebar misal merk V-Rossi untuk memberikan jarak dan ruang yang cukup untuk dudukan ini.

Kesulitannya tentu lebih ribet kala diaplikasi di pelek aluminium. Selain karena dudukan ini mesti dibaut ke bibir pelek juga kekuatannya masih diragukan jika tujuannya untuk dipakai harian. Sebaiknya memang hanya untuk dipakai kontes atau show bike karena memang tampilannya yang lebih unik dan tampil beda dari sekedar Buell di pelek palang. Jadi mesti bijak kala menentukan untuk dipakai dimana, oke!

PEMASANGAN KALIPER
Untuk jenis kaliper bebas dipakai bisa pakai standar atau variasi. Namun perlu diingat jangan pilih kaliper yang 6 piston atau lebih karena konstruksi menjepitnya disisi dalam dengan ruang yang sedikit. Sebaiknya pilih yang 2 atau 4 piston cukup, bisa merk Brembo, Nissin, Galfer, dll.
Untuk braket dan dudukan seting lebih dulu antara jarak dudukan di tabung sok dan piringan cakram.
Cara paling mudah dengan membuat mal dari kertas karton dudukan baut mur di tabung sok ke lubang mur kaliper, selanjutnya mal kertas yang sesuai dengan besar dan tempat lubang bautnya pesan ke tukang bubut untuk dibuatkan dari besi. Setelah jadi tinggal instal dengan posisi kaliper mengigit dari sisi dalam piringan.

Ok, mungkin segini dulu info yang bisa Oto2 ulas, semoga bermanfaat dan membantu. Masih bingung or belum faham silahkan kontak langsung ke 08155002285/neo Oto2Custom

Komentar
  1. Toyospeed mengatakan:

    Makin lancar gan oto2 makasi buelnya uudah nyampe di tarakan.suksws buat oto2

  2. Ujang mengatakan:

    Bro kalau boleh tau bahannya dari apa ya,terimakasih n sukses selalu

  3. oto2 mengatakan:

    @ujang:
    barang udah dikirim bro ujang 6 buell ke cibinong. makasih

  4. satria mengatakan:

    oto 2 saya satria dari lombok ane ksulitan nih cari veleg sprin yang punya 3 buah cakram boleh gak kasi tau tips biar cepet dapt pelegnya…….pnasaran nihh……

  5. oto2 mengatakan:

    @asatria:
    langsung kontak aja bro ke 08155002285, ada nih pelek n cakramnya

  6. ahmad kosasih mengatakan:

    Makasih bro oto2custom buellnya sudah nyampai dengan cepat hehehe. Recomended seller nih bro oto2

  7. oto2 mengatakan:

    @ahmadkosasih:
    sama-sama bro kosasih

  8. Soetrisno Gunawan mengatakan:

    brp no hp yg bisa di hbgi klu bisa yg no as simpati

  9. oto2 mengatakan:

    @soetrisno: 08155002285

  10. cok mengatakan:

    beli dmana beli cakram ini?

  11. oto2 mengatakan:

    @cokyo: sms atau call 08155002285 bro, posisi di kota surabaya jatim

  12. Irfan Boommut mengatakan:

    brpa tu harga cakram bueelnya bisa dikirim

  13. oto2 mengatakan:

    @irfan: sms or kontak aja bro irfan ke 08155002285. hati-hati banyak pihak lain yg menngatasnamakan blog oto2 untuk menarik keuntungan ok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s