alternatif ngetrik sokbreker depan jadi trail

Posted: Mei 7, 2009 in tips trik
Tag:

utama-fork-trail-1
TRIK PANJANGIN SOKBREKER DEPAN

Bebek supermoto n beraliran trail lagi banyak yang demen. Tentu aja ciri bebek ini pakai suspensi depan yang jangkung bak motor trail. Kalo cari-cari di gerai variasi siapin duit Rp 3-5 jutaan. . Soal merk, produk variasi demen nggak ngasih nama, “ya dengan harganya sekitaran itulah, bisa jadi lebih lagi, “ bilang Tony, dia adventurer tulen asal salatiga. Menurutnya ternyata banyak alternative murah buat manjangin fork depan ini.

TEHNIK SAMBUNG PIPA :
fork-2
Paling murah meriah, bisa dengan memanjangkan fork depan dengan menyambung langsung as fork dengan bahan pipa tebal yang langsung disambung dengan bantuan pengelasan listrik. Yang jadi masalah, kamu bakal mendapat kesulitan saat harus mengganti oli sok karena tutup atasnya sudah tertutup las

fork-3

PERPANJANG AS PISTON FORK :

Ini cara paling praktis dan aman, bisa dengan memperpanjang fork dengan trik menyambung as piston fork yang akrab dikenal dengan istilah sulingan fork. Dengan penyambungan as ini, ujung bawah as fork posisinya juga akan naik sepanjang ukuran sambungan. Masalahnya, trik ini hanya bisa dilakoni untuk pemanjangan fork dalam skala pendek, karena jika terlalu panjang, akan mempengaruhi stabilitas kerja fork dan handling setangnya

oto2custom

SAMBUNG BAUT TUTUP AS FORK :

Paling praktis dan menguntungkan untuk diaplikasi motor bebek. Ujung atas asnya selalu ditutup baut berbahan besi. Baut inilah yang bisa ditriks dengan disambung as panjang dibantu las listrik. Dengan begitu, saat harus menguras oli, kamu cukup membuka as atas yang menyatu dengan baut penutup as fork. oto2custom

SAMBUNGAN AS PIPA PEJAL :

oto2custom

Yang paling sempurna, yakni dengan disambung as pipa pejal yang penyambungannya dengan media alur drat dan senai dari penyambung as pejal menuju as pipa fork. Dengan pembetukan pakai media mesin bubut, ujung as pipa pejal didrat dan dilengkapi dengan rumah karet sil penahan oli , selanjutnya bibir sisi dalam as pipa fork disenai.  oto2custom

Langsung satukan sambungan ini, selain tampilannya lebih rapi, dijamin kekuatannya nggak kalah bagus dibanding  trik sambungan yang lain seperti di atas. So tinggal pilih pake trik yang mana…..

oto2custom

Komentar
  1. Andi Rokhman berkata:

    wah bagus bro 🙂 . kalo panjangin shock belakang gmana bro?

    btw, masnya ini kru ototrend bukan?

  2. nunoe berkata:

    kalo sok belakang mah tinggal pake adaptornya aja..kan banyak..

  3. oto2 berkata:

    yah betul bro nunoe bisa pake adaptor dudukan sok belakang
    , atau ganti dudukan bawah sok belakangnya yang lebih tinggi.

  4. liLyPud_msh.kcil berkata:

    .panjang.a sesuai slera??? http://lilypudlucu.wordpress.com/

  5. Andi Rokhman berkata:

    nah adaptor ya? yg dari baja itu kan bro? konon katanya tu bikin swing arm rusak, robek, penceng . dan katanya adaptornya pasang diatas aja , jangan di swing-nya pakai las listrik. .bzzt bzzzt . 😀 mending ganti shock sekalian biar aman. .

  6. arkandas berkata:

    ini dia artikel yang guwe cari. makasih, bro

  7. JON berkata:

    nah ne dia,artikel modifikasi yg guwe dpat…..makacih bro………….
    by:sinyo

  8. tian_QystHa SSCP berkata:

    pake sok FUSO aja . . .

  9. febry.nur berkata:

    bro gua punya motor mio biar ga biro gmana yah………….

  10. febry.nur berkata:

    oya motor mio gua aga kurang tenaga

  11. badtz_racer berkata:

    bos gw tertarik pake trik yg ketiga,. tp bngung sama kata2 di “senai” mksudnya gmn yak,.
    trus cr dpt pipa besi yang sesuai gmn dan di mana yak,.

  12. oto2 berkata:

    disenai itu dibikin ulir baru dengan mesin bubut..macam ulir baut..
    cari di toko besi dong, masak di kolam pancing??..
    hehehe..kiding bro!

  13. rupi berkata:

    gmna bro bkin sambungan yang agk rumit gtw.kalau bkin swimarm bisa…?n begel blkg…
    thankz//?

  14. rio berkata:

    thax bro atas usul ny….Heheheheh…..

  15. Fajar Ar Rahman berkata:

    pengen yang cara kedua di thundie gw. tapi lum jelas eung..

  16. john mendoel berkata:

    betul………….betul…………………betul…………………….

  17. wijaya berkata:

    tiger sy jg pake sambungan yg kedua utk shock depan. pake besi padat, carinya pas di pasar loak. tinggal diatur dach tingginya.

  18. Iponk Rainbow berkata:

    bos ane coba2 nyambung sulingan, emang makin tambah tinggi, tp muncul masalah lagi, waktu sok mantul mantulnya terlalu kenceng jadi bunyi keras, apa ada solusi

  19. oto2 berkata:

    @iponk. cermati kekentalan olinya, kalo gasruk kasih oli yang agaka kental

Tinggalkan komentar