TRIK PANJANGIN SOKBREKER DEPAN
Bebek supermoto n beraliran trail lagi banyak yang demen. Tentu aja ciri bebek ini pakai suspensi depan yang jangkung bak motor trail. Kalo cari-cari di gerai variasi siapin duit Rp 3-5 jutaan. . Soal merk, produk variasi demen nggak ngasih nama, “ya dengan harganya sekitaran itulah, bisa jadi lebih lagi, “ bilang Tony, dia adventurer tulen asal salatiga. Menurutnya ternyata banyak alternative murah buat manjangin fork depan ini.
TEHNIK SAMBUNG PIPA :
Paling murah meriah, bisa dengan memanjangkan fork depan dengan menyambung langsung as fork dengan bahan pipa tebal yang langsung disambung dengan bantuan pengelasan listrik. Yang jadi masalah, kamu bakal mendapat kesulitan saat harus mengganti oli sok karena tutup atasnya sudah tertutup las
PERPANJANG AS PISTON FORK :
Ini cara paling praktis dan aman, bisa dengan memperpanjang fork dengan trik menyambung as piston fork yang akrab dikenal dengan istilah sulingan fork. Dengan penyambungan as ini, ujung bawah as fork posisinya juga akan naik sepanjang ukuran sambungan. Masalahnya, trik ini hanya bisa dilakoni untuk pemanjangan fork dalam skala pendek, karena jika terlalu panjang, akan mempengaruhi stabilitas kerja fork dan handling setangnya
SAMBUNG BAUT TUTUP AS FORK :
Paling praktis dan menguntungkan untuk diaplikasi motor bebek. Ujung atas asnya selalu ditutup baut berbahan besi. Baut inilah yang bisa ditriks dengan disambung as panjang dibantu las listrik. Dengan begitu, saat harus menguras oli, kamu cukup membuka as atas yang menyatu dengan baut penutup as fork.
SAMBUNGAN AS PIPA PEJAL :
Yang paling sempurna, yakni dengan disambung as pipa pejal yang penyambungannya dengan media alur drat dan senai dari penyambung as pejal menuju as pipa fork. Dengan pembetukan pakai media mesin bubut, ujung as pipa pejal didrat dan dilengkapi dengan rumah karet sil penahan oli , selanjutnya bibir sisi dalam as pipa fork disenai.
Langsung satukan sambungan ini, selain tampilannya lebih rapi, dijamin kekuatannya nggak kalah bagus dibanding trik sambungan yang lain seperti di atas. So tinggal pilih pake trik yang mana…..
wah bagus bro 🙂 . kalo panjangin shock belakang gmana bro?
btw, masnya ini kru ototrend bukan?
kalo sok belakang mah tinggal pake adaptornya aja..kan banyak..
yah betul bro nunoe bisa pake adaptor dudukan sok belakang
, atau ganti dudukan bawah sok belakangnya yang lebih tinggi.
.panjang.a sesuai slera??? http://lilypudlucu.wordpress.com/
nah adaptor ya? yg dari baja itu kan bro? konon katanya tu bikin swing arm rusak, robek, penceng . dan katanya adaptornya pasang diatas aja , jangan di swing-nya pakai las listrik. .bzzt bzzzt . 😀 mending ganti shock sekalian biar aman. .
ini dia artikel yang guwe cari. makasih, bro
nah ne dia,artikel modifikasi yg guwe dpat…..makacih bro………….
by:sinyo
pake sok FUSO aja . . .
bro gua punya motor mio biar ga biro gmana yah………….
oya motor mio gua aga kurang tenaga
bos gw tertarik pake trik yg ketiga,. tp bngung sama kata2 di “senai” mksudnya gmn yak,.
trus cr dpt pipa besi yang sesuai gmn dan di mana yak,.
disenai itu dibikin ulir baru dengan mesin bubut..macam ulir baut..
cari di toko besi dong, masak di kolam pancing??..
hehehe..kiding bro!
gmna bro bkin sambungan yang agk rumit gtw.kalau bkin swimarm bisa…?n begel blkg…
thankz//?
thax bro atas usul ny….Heheheheh…..
pengen yang cara kedua di thundie gw. tapi lum jelas eung..
betul………….betul…………………betul…………………….
tiger sy jg pake sambungan yg kedua utk shock depan. pake besi padat, carinya pas di pasar loak. tinggal diatur dach tingginya.
bos ane coba2 nyambung sulingan, emang makin tambah tinggi, tp muncul masalah lagi, waktu sok mantul mantulnya terlalu kenceng jadi bunyi keras, apa ada solusi
@iponk. cermati kekentalan olinya, kalo gasruk kasih oli yang agaka kental