tips nyari bengkel modifikasi agar nggak ketipu…

Posted: Maret 8, 2009 in custom bike
Tag:

bengkel-1a

betul banget apa yang dibilang bro Triatmono di blognya…saat mau modifikasi motor kesayangan kita mesti jeli memilih bengkel modifikasi. jangan asal percaya sebelum tahu dan kenal banyak yang punya bengkel.

ini udah jadi pengalaman pribadi oto2 dewe. dulu, (Wuss menerawang jauh nih!)  kira-kira 3 tahun yang lalu, Oto2 sempat lagi pengin-penginnya ngerombak Honda Tiger berjubah fiberglass..maklum jamannya MotoGp bikin gak bisa tidur…ngayaaal mulu pengin si Tigi jadi besutan bak Rossi. gue putusin kesalah satu bengkel mdofikasi yang keliatannya memang banyak nerima order. saat itu namanya sering dicatut orang-orang modifikasi. so akhirnya gak curiga aja, setelah ngobrol bentar..cas..cis..cuss….harga cocok  langsung aja titip motor, barang-barang variasi, pelek, dan cat.. janji modifikatornya sebulan jadi. oakley dah!

saat pulang udah ngebayangin bakal bisa nunggang  bak Rossi. seminggu kemudian gue balik. eh, ngelihat motor masih aja mangkrak, hanya tangki dan bodi aja yang dilepasin. intinya motor gak bakal bisa dibawa balik. alasannya sih karena masih beli bahan dsb, dst, dll..gue sih percaya2 aja..bengkel-1

dua minggu kemudian…gue balik lagi. eh, motor masih dalam kondisi sama. hanya kaki belakang aja diganti ama pelek dan bannya. nah lho apa bisa selesai dalam waktu sebulan??? padahal saat akhir bulan rencana emang mau diikutin kontes modifikasi. alasan lainnya muncul, dibilang kalo musim hujan banyak pegawainya nggak kerja..(alasan apa ini??)

n bener juga, sampai akhir bulanpun..motor saya belum kelar juga. mau dibawa balik udah terlanjur ditelanjangin. belum lagi bodi fiberglassnya bikinnya jadi ngawur, banyak lekukan gak jelas alias keburu kena deadline. intinya udah gak bisa ikutan kontes, hasilnya ngecewain. dan yang paling ngecewain lagi..saat dibawa pulang mesin sempat mati 10 kiloan…ternyata oli mesin nggak diisi..ancur dah! gak lama motor langsung gue jual! apesss…

so tips supaya nggak salah masuk bengkel modif kira-kira kayak ini:

1. Jangan mudah percaya dari omongan ataupun bacaan yang merekomendasi sebuah bengkel tanpa kamu sendiri kenal dekat dulu ama yang punya tempat. minimal satu kota yang bisa kamu continue kunjungi.

2. bengkel yang benar belum tentu yang tiap hari ramai dikunjungi pasien, atau sering di tampilin di media masa..meski kerjaannya sering menang kontes (biasanya motor sendiri yang dimodif atau teman dekatnya) kalo bagus buat kalangan teman sendiri,namun buat orang lain belum tentu dibagusin. dijamin hasil kerjanya ngawur!

3. Tak kenal maka tak sayang. makin kenal makin sungkan kalo mau nipu..makanya buat ngetets bengkel itu bisa dipercaya atau tidak, kasih order yang ringan-ringan dulu. seperti minta sambungin bodi plastik yang pecah atau betulin rem yang ngadat dulu. kalo kerjaannya benar, bisa next trial berikutnya..he..he.. agak kejam gak popo!

4. Sebaiknya jangan kasih uang muka terlalu besar dari yang disepakati. intinya cuma tanda jadi bukan uang untuk beli bahan kerja. sebaiknya minta kwitansi dengan tanda tangan dan materai, ada tanggal jadi dan tanggal selesai yang disanggupinya  (resmi banget emang nyang penting hati adem)

5. Pastikan sebelum memodifikasi motormu kamu punya sket konsep yang dipenginin. bisa digambar sendiri, minta modifikatornya yang gambarin, atau minta bro Oto2 buat sketin heheheh…(promo sendiri). karena tanpa sket, kerja dan hasilnya bisa jauh melenceng..ujung-ujungnya beli bahan bengkak dan ongkos kerja bisa-bisa ditarik yang punya bengkel lagi..tuh berabe khan!

6. Sediakan waktu tiap tiga hari sekali mengecek ke bengkelnya. cek terus hasil kerjaannya yang kurang baik, tapi jangan nyolot lho!

7. Setelah jadi, agak cerewet dikit gak papa asal jangan kelewatan. kritik kerjaannya yang kurang benar, dan pastikan dapat garansi. biasanya kalo bengkel yang benar pasti menyilahkan hasil kerjaanya diperbaiki jika dikemudian hari ada troubel (asal jangan sering bolak-balik).

8. jangan lupa minta kembali barang-barang yang sudah diganti dengan barang variasimu.

Komentar
  1. Anonim mengatakan:

    bro, kl blh tw..
    mank tmpt modif yg bgs d mn ??
    yg dkt2 grogol gt kl ada..

    kl blh, pm ke 081807407505,,
    tQ..

  2. Doni mengatakan:

    infonya boleh nih

  3. adit mengatakan:

    salam kenal ni adit dari bandung, kira2 pada punya referensi alama tidak alamat bengkel modifikasi motor and performence motor

    oto2:
    silahken klik tulisan alamat bengkel modifikasi se-Indonesia

  4. oto2 mengatakan:

    untuk informasi bengkel se indonesia:
    klik artikel: alamat bengkel fiber dan modifikasi se-indonesia

  5. CnO_Dimension mengatakan:

    sob…bengkel modif yg oke N yg dipercaya di daerah jakarta di mana sob??,
    Cno_dimension@yahoo.co.id

  6. dendy mengatakan:

    wah
    crita dri oto2 mirip bgt sma nasib yg gw alami..
    mlahan lbih parah mungkin…
    dlu tiger gw jg gw modif di salah satu bengkel d banjarmasin..
    kata orang2 bengkelnya itu bagus kerjaannya..
    dan gw liat sendiri bengkel tsb bnyak dapet juara untuk kontes modfy,,
    jd gw langsung percaya aj nyerahin motor gw d bengkel itu,untuk d modif street figter…
    pertamanya sih dijanjiin satu bulan udh slesai..
    eh trnyata ga slesai jg… alesanya mecem2..
    akhirnya empat bulan lebih baru slesei tigi gw d modif…
    dngan hasil yg sangat2 mengecewakan gw..
    gw ampe abis modal 15 juta an lebih…
    dan smua itu jd plajaran yang sngat berharga bwt gw..
    gw harus lbih jeli lagi nyari bengkel yg bsa d percaya n kerjaannya bagus.
    thanks tips dari oto2…

  7. oto2 mengatakan:

    @Dendy
    kesalahan adalah dosen terbaik…asal jangan ulangi kesalahan lagi dan nggak ajak yang lain nyebur sumur barengan, semoga selamat…..
    salam kenal dari Oto2, salam dari jauuuh…
    anyway, trus Tiginya sekarang kemane??

  8. dewo mengatakan:

    gmn c cranya modif cs1?!
    thx

  9. oto2 mengatakan:

    @dewo
    mau dimodif apanya dulu?

  10. dendy mengatakan:

    thanks…

    tiger gw msh ad mpe skrng…
    maunya sih gw jual,tp mpe skrang tigi gw lg d perbaiki dlm sgla hal..
    dri mslh karbu mpe ke comfrtable-annya”….

    klo nnti ad rezeki lg..
    akn gw bngun ulang lg tigi gw..

  11. oto2 mengatakan:

    @dendy
    nggak dimodif lagi??
    kalo keren kirim via email dong fotonya..

  12. ale mengatakan:

    bos klo yang di surabaya bengkel yang bagus buat modif mio sporty tau gak…>???
    thank’s

  13. oto2 mengatakan:

    di surabaya main matic masih belum ada yang bisa diandalin..rawan ah rekomen ke anda dulu..okey kalo ketemu yang oke nti ta forward langsung

  14. moan mengatakan:

    pm alamat modifikasi di jakarta barat dan sekitar dong!!!1gw rencananya mau modif ringan mx,thx bro

  15. Po3tRy mengatakan:

    hai,,,,,,,,,,
    gw slh satu cewe` yg hobby modifin mtr walau mtr`Q Jupiter MX….
    Gw snang atas usulan lohc n kalo blh tw gmbr yg loe munculin ini dmn yahc????? soalx hmpr mirip mabngkl yg biasa gw nyuruh btin fiber utk mtor gw tp g` ada mslh tu di bngkl gw….

  16. oto2 mengatakan:

    hahaha..ini cuma foto bengkel ilustrasi saja sih?
    kalo sekarang sudah tutup jadi tempat variasi motor…karena yang punya temen deket juga demen ngutak-atik fiber dewe. tempatnya di daerah tambak sari kota Surabaya jawa timur.

  17. adi mengatakan:

    gimana caranya agar bisa buat motr shogun 2003 bisa kenceng n kira2 hbis berapa duit??
    soalnya ud ganti seker tapi belum puas n selalu kalah
    tolonh y<<<<<
    kirim k fb gue,,>>>

  18. arry noth mengatakan:

    cooy… di medan bengkel yang bagus buat modif d mana????
    thank’s

  19. ArieL, FX mengatakan:

    makasih tips nya broo..

  20. sijidewe mengatakan:

    ok bos thank tips nya.. aku juga lagi bingung ni nyari2 bengkel yang bisa kupercaya biarpun aku cuma mau pasang kopling manual sama bore up.. mungkin tak bawa pulkam ke jogja aja, temen2 sekolahku beberapa bunya bengkel malah lebih bisa dipercaya.

    terima kasih tipsnya

  21. LewatAngkasa mengatakan:

    Kalau untuk di kalimantan tengah dimana ja? Tolong ya bos.. !

  22. # Joker # mengatakan:

    bro,, minta saran ne..
    body new supra fit gw diapaen byar pnya tampilan racing look bgt?? kaki-kaki udah aku psangin merk racing (velg zipp,sok yss,bremboo 4 pston dll) mohom sarannya ya bro….

  23. Gabril mengatakan:

    Coy mo nanya nhe, dimana tempat modif motar jupiter mx yang bisa di percaya n murah.
    gabrielpitaloka@yahoo.co.id

  24. aqsha mengatakan:

    ASS, bro gw minta donk bengekel modofikasi yang bagus, tapi harga MIRING lah… tolong HUB gw ya please….
    0856-9912-329 ato d 021-9220-7314 thanks banget yaw……
    atau email aqsha1988@yahoo.com

  25. heru_synyster mengatakan:

    gud inform……klu blh tau,bngklnya dmn…Om…gw rmhnya di jakarta pusat….thx

  26. ibenk dyhklot mengatakan:

    berapa kira-kira harga yang dikeluarin klo pngen di repsolin kaya pedrosa,mtr gw tiger revo..nie alamat email nya benk_gatz@rocketmail.com

  27. rayudh mengatakan:

    Bro salam kenal nih, kalo ada yang punya pengalaman modif motor di daerah bandung dengan hasil yang memuaskan…. boleh bagi donk info bengkelnya. motor ane CS1 nih.
    bagi info yah via imal ke rayudh.dhamay@gmail.com

  28. bendot mengatakan:

    wachh tu crta kyk ,. qw !!! tp qw garap megapro,! bkan olie yg beum trisi tpi , olie Rem yg kembung angin!!! untung na,, qw slamat mpe humz

  29. Ucoklumbalumba mengatakan:

    bro ada sket konsep buat modifikasi tiger ga. gw pengen ngerombak ke model retro 1940an. kaya BMW r23, BSA, Sunbeam ato triumph.
    klo bisa sekalian perkiraan biayanynya hehehehehehe.Thanks Before^_^
    ucoklumbalumba@yahoo.co.id

  30. hutchi mengatakan:

    bro…………w punya motor fit x yang paling yahud w modif apa ? ?

  31. ApiNk mengatakan:

    saran lho boleh juga!

  32. kouchan mengatakan:

    lg butuh fairing ninja ni..
    ada yg mu jual kga?

    contac:085720382556

  33. teguh mengatakan:

    ada nie tpi wa jual 1 pket y sma tromol ninja nya….

  34. Ambo_Merauke mengatakan:

    salam kenal aja buat semuanya! Emang kalo mau modifikasi motor itu harus cari2 informasi sebanyak-banyaknya, baik itu informasi mengenai bengkel modifikasi, toko pemjual pernak-pernik atau asesoris modifikasi, supaya ngga nyesal di kemudian hari. tipsnya, cari bengkel modifikasi jangan asala lihat bengkel tersebut ramai dikungjungi, tapi lihat atau nilai dari segi kerapian pengerjaan motor, kerapian dan kebersihan tempat kerja, serta cara penyampaian, pemberian penjelasan terhadap konsumen harus baik dan sopan!

  35. eboy mengatakan:

    bengkel yang bagus di palembang diman……..???

  36. stainless tanks mengatakan:

    Thanks bgt sob atas tips”nya..
    Gw baru pengen ngmodif motor beat gw nih..
    mungkin dari pengalaman lo sangan bermanfaat bgt buat gw yang bru mau ngmodif motor beat gw biar gak salah tempat..
    Thanks…

  37. agung sakti mengatakan:

    bro bwt modif vixion dmana yak klo d daerah jakarta?????

  38. agung sakti mengatakan:

    modif vixion d jkt dmana bro????

  39. aris mengatakan:

    emank kalau di daerah kalimantan terutama di banjarmasin susah cari bengkel yang bagus….jadi buat brow yang tau dimana bengkel yang oke di banjarmasin kasih tau ya ke ….
    aris_lords@yahoo.com
    thank’s..

  40. nina mengatakan:

    MX q non kopling thn ’08 gasnya keras/berat & saat gas nya diabisin gak mau melambat alias ngegas terus, kasih info dimana bengkel yang bagus sekalian mahir dalam memodif MX.

    thanks

  41. agus mengatakan:

    wah makasih om infonyua tadinya juga saya mau rombak motor saya ,jadi punya pegangan ini .ada rekomendasi gak bengkel yang bgus?

  42. EYANG SS mengatakan:

    mantap bro!!!!!

  43. AKU mengatakan:

    ada g pesen feber di sby bos alamat ya di mana

  44. agus mengatakan:

    gmna cara.x mtor qu agar lebih menarik

  45. ryan akbar mengatakan:

    bener bro hati dalam memilih bengkel….
    bengkel modifikasi sekarang belum tenntu yg bener cara kerjanya, terus w setuu yg dibilang bro triatmono harus diawasi kinerja kerjanya…
    jgn sampe terjadi hal2 yg tidak enak sama kendaraan kita..

  46. ryan akbar mengatakan:

    bener bro hati2 dalam memilih bengkel….
    bengkel modifikasi sekarang belum tenntu yg bener cara kerjanya, terus w setuju yg dibilang bro triatmono harus diawasi kinerja kerjanya…
    jgn sampe terjadi hal2 yg tidak enak sama kendaraan kita..

  47. putra mengatakan:

    sama bro saya dlu juga pernah ketipu hampir 1 thn motor saya di modif. d daerah surabya tepatnya d kedungdoro. lama dan tidak memuaskan.
    salam knal putra

  48. alunk mengatakan:

    bener juga tu buat perhitungan kedepannya..

  49. Rodin Saputra mengatakan:

    info yang bermanfaat. oto2

  50. Rodin Saputra mengatakan:

    Reblogged this on Serambi Rodin Saputra and commented:
    nuy bacaan yang cocok untuk juragan yang suka modif.

  51. tommy ancur mengatakan:

    mz bro..minta referensi bwt jupiter Z 2008 punya q warna merah hitam bwt di modifikasi…

  52. oto2 mengatakan:

    @tommy:
    jupiz mo gaya apa neh?

  53. oky mengatakan:

    Hai oto2, ane penasaran mau modif motor ane. Emang sih, cuma supra x 125 dd 2008. Tapi ane sayang banget sama motor itu. Mau ane modif tapi belum ada waktu dan belum tau di mana modif yang bagus. Ane pengen konsep sporty namun elegan. Pengen pake kaki2 yang gagah dan kuat, tapi tetap pertahankan velg orisinil, kaau memang ga bisa, berhubung mungkin ada penggantian rcakram variasi, ataupun shock depan belakang

  54. oky mengatakan:

    Sorry gan oto2, komen ane keputus soal supra x tadi berhubung kesalahan teknis. Iya gan , soal modirlf tadi. Ane pengen pake kaki2 yang kuat, kalau ga bisa pertahankan velg orisinil, berhubung mungkin ada penggantian cakram dan shock,ataupun ukuran ban yang agak lebih besar, kalau emang harus diganti, ane pengen velg yang kuat tapi tetap bisa lari karena ga keberatan. Foot step, pedal transmisi maupun rem kaki bisa diganti namun ane pengen pertahankan standard samping maupun yang berdiri, walaupun nantinya bakal diganti sama yang variasi. Dan keseluruhan kaki2 maupun knalpot harus tetap pertahankan warna hitamnya, berhubung warna motornya hitam biru dengan stripping putih. Nah, untuk knalpot, ane pengen yang suaranya halus dan ga cempreng, dengan dominasi suara bass, yang bener2 bass. Untuk body, ane mau pertahankan bentuk yang orisinil namun dengan penambahan lekuk2 di beberapa tempat yang kira2 pantas menurut oto2, dengan mempertahankan warna asli, hitam biru dengan stripping putih, menurut ane, warnanya keren bgt. Tentunya dengan bahan fiber. Juga dengan spion, pengen tetap pake spion, karena jg utk pemakaian harian, biar ga bikin pak polisi gerah, ane dengar2 spion ninja ada yang cocok. Pokoknya konsep itu tadi, sporty elegan. Kalo boleh ditambah satu kata, boleh juga macho, tapi ga norak. Anggap aja ini konsultasi, dan ane tau gan, konsultasi ada maharnya. Ane juga dengar kalo oto2 bisa bikin sket. Mohon diinfo gan ke e mail ane, rockyandree@yahoo.co.id , begitu aja gan, makasih sebelumnya. Moga2 oto2 tetap gaya…

  55. oto2 mengatakan:

    @oky: fiuuuuh hahahahaha…
    mestinya nentuin dulu mau aliran modifnya kemana. kalau modifikasi mesti lihat fungsi motor mau dipake kemana dulu? jangan asal modif yang nantinya bikin repot sendiri. kalau dari keterangan oky keliatannya main rois style aja nggak banyak penggantian n masih main warna aslinya

  56. eko harianto mengatakan:

    wkwk,kya pengalamanku kui,cuma pasang buel ke velg jari aja 2minggu ga kelar..pulang jg dlm keadaan ancur velg ku..haha apes

  57. justin mengatakan:

    habis baca ini, jdi mikir “mending beli fairing ori motor tetangga”, nggk peduli klo ada yg nyibir motor jiplak 😃.
    habiss, sy sudah mencap buruk mereka” yang mekanik/tukang2an otomotif, krn sy sllu kecewa dngn hasil dan attitude mereka (mski sy tau tdk semua, tapi kebanyakan. dan kita baru tau mereka pas selsai urusan).

  58. oto2 mengatakan:

    @justin: makin kenal makin sayang…makanya lebih baik berkenalan dahulu dengan pemilik bengkel, jadikan teman n saudara. bisa masuk lewat komunitasnya atau clubnya…dijamin kerjaan mereka spesial n berbeda heheheh… just tips

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s